apakah haji visa furoda sama dengan haji mujamalah

Apakah Haji Furoda Sama Dengan Haji Mujamalah? Simak Keuntungan dan Persyaratannya

Qadarullah, saat ini waktu tunggu keberangkatan Haji regular atau haji biasa yang diselenggarakan oleh Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementrian Agama telah mencapai 11 s/d 39 tahun di berbagai propinsi di Indonesia. Kemudian untuk Jamaah yang mendaftar Haji khusus atau ONH Plus, antrian keberangkatan telah mencapai 5 tahun.

Berbagai usaha dan upaya untuk mempercepat antrian ini telah dilakukan oleh Pemerintah Indonesia, sebut saja :

  • HUBUNGAN BILATERAL NEGARA
  1. Meminta kepada Kerajaan Saudi Arabia untuk menambah kuota Haji untuk Indonesia. Alhamdulillah sudah berhasil dilakukan, namun masih belum menjadi kuota yang permanen artinya tahun 2020 hingga kedepan belum tentu mendapat penambahan lagi.
  2. Melobi beberapa negara lain yang kuotanya tidak terpakai untuk dapat dialihkan ke Indonesia, dengan tetap melibatkan kerajaan Saudi Arabia sebagai regulator utama penyelenggara Haji.
  • KEBIJAKAN PEMBATASAN PENDAFTAR HAJI
  1. Pembatasan usia anak boleh mendaftar dan usia boleh saat keberangkatan.
  2. Pelarangan pembiayaan biaya perjalanan haji oleh lembaga keuangan.
  3. Pembatasan Jamaah yang telah berangkat haji.

Usaha dan upaya tersebut telah dilakukan oleh Pemerintah Indonesia dengan konsisten dan telah berhasil menurunkan masa tunggu keberangkatan haji. Penambahan Kuota Haji 2019 sebanyak  10 ribu jamaah. Pembatasan usia mendaftar dengan usia minimal 12 tahun, dan aturan keberangkatan di usia minimal 18 tahun. Patut diapresiasi bahwa daftar tunggu berangkat telah mengalami perbaikan, 2 tahun lalu masa tunggu maksimal haji regular 41 tahun, kini menjadi 39 tahun dan masa tunggu haji khusus atau ONH Plus dari 7 tahun, kini menjadi 5 tahun. Pengadminstrasian pendaftaran, pembayaran dan tata kelola pelaksanaan  Haji-pun semakin baik, BPKH (Badan Pengelolah Keuangan Haji)  telah menjadikan pengelolaan keuangan  haji lebih transparan dan cepat.

Dari sederet prestasi penyelenggaraan haji, ada satu yang paling wajib di apresiasi, yaitu dilegalkannya keberangkatan haji menggunakan VISA Mujamalah atau yang lebih dikenal dengan VISA Furoda, sebagaimana tertuang didalam UU No.8 tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Haji dan Umroh

Pasal 17

(1)  Visa haji di luar kuota haji Indonesia dilarang digunakan oleh Jamaah Haji. 

(2)  Larangan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dikecualikan bagi warga negara Indonesia yang mendapatkan undangan visa haji mujamalah dari pemerintah Kerajaan Arab Saudi untuk melaksanakan Ibadah Haji. 

Pasal 18 

(1)  Visa haji Indonesia terdiri atas:

a. visa haji kuota Indonesia; dan 
b. visa haji mujamalah undangan pemerintah Kerajaan Arab Saudi. 

(2) Warga negara Indonesia yang mendapatkan undangan visa haji mujamalah dari pemerintah Kerajaan Arab Saudi sebagaimana dimaksud pada ayat (1) wajib berangkat melalui PIHK.

(3)  PIHK yang memberangkatkan warga negara Indonesia yang mendapatkan undangan visa haji mujamalah dari pemerintah Kerajaan Arab Saudi wajib melapor kepada Menteri. 

Benar adanya, Pemerintah belum mengatur secara detail mengenai standar pelayanan dan fasilitas minimum pelaksanaan Haji menggunakan visa mujamalah atau Furoda seperti halnya haji kuota khusus yang sudah lama diatur.

Pemerintah hanya mengatur :

(1) Masyarakat diminta untuk mendaftar di Penyelenggara Ibadah Haji (PIHK) resmi, dan

(2) PIHK wajib memberikan laporan kepada Kementrian Agama tentang program dan jumlah jamaah.

Dengan demikian masyarakat dan PIHK telah mendapat legalitas terhadap penyelenggaraan Haji Furoda atau Haji Mujamalah. Namun demikian Masyarakat diminta tetap untuk berhati hati apabila ingin menggunakan jasa dan membeli produk Haji ini, jangan sampai mendaftar ke penyelenggara haji yang tidak berijin.

PT. elTeyba Medina Fauzana adalah Tour & Travel Resmi dengan izin Umroh PPIU No.751/2017 dan Haji PIHK No.251/2018 penyelenggara Umroh, Haji, dan Provider VISA yang berpengalaman sejak tahun 2009 dengan AKREDITASI A telah memberangkatkan Jamaah Haji Furoda atau yang saat ini oleh Kementerian Agama disebut dengan nama Haji Mujamalah. Selama 11 tahun secara Profesional selalu sukses melayani Jamaah Haji Indonesia dengan Aman, Amanah, dan Terpercaya. Dengan demikian diharapkan masyarakat semakin yakin untuk mendaftar Haji Furoda di elTeyba Tour & Travel.

Referensi Harga Haji Furoda Tahun 2020

Biaya Haji Furoda 2021

Biaya Haji Furoda 2020 yang kami tawarkan dengan biaya 13.500 USD – 17.500 USD  dengan fasilitas Hotel Bintang 3/5 di Mekah, Bintang 3/5 di Madinah, Maktab Haji Khusus Furoda (Maktab 93 .sd 96) untung Bintang 3 dan Maktab VIP dekat Jamarot untuk bintang 5, Tenda AC, Free Kunjungan ke Zam Zam Tower, dan beragam fasilitas lainnya.

Sedangkan Biaya Haji Furoda 2021 hingga kini kami belum dapat merilis resmi terkait komponen biaya dan fasilitasnya. Sebagai gambaran pada bulan Juni 2020 Pemerintah Kerajaan Arab Saudi akan menaikan pajak dari 5% ke 15%. Tentunya kenaikan tersebut akan mempengaruhi aktivitas ekonomi dan bisnis di Arab Saudi dan dunia internasional pada umumnya. Biaya-biaya yang dikeluarkan untuk tiket pesawat, akomodasi, hotel, support/handling jamaah juga akan saling berhubungan.

Sebagai gambaran untuk kita bersama biaya Haji dengan Visa Furoda/Mujamalah setiap tahunnya mengalami kenaikan antara 1000 USD s.d 3000 USD dan bervariasi sesuai dengan fasilitas yang ditawarkan oleh masing-masing pelaksananya.

Namun anda tidak perlu khawatir, kami dari elTeyba Tour & Travel adalah Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK) dengan AKREDITASI A oleh Kemenag RI akan memberikan penawaran biaya Haji tanpa antri dengan biaya terbaik sesuai dengan realita di lapangan.

Biaya Haji Furoda tahun 2020 yang kami tawarkan dengan biaya $15.500 – $17.500 bila dilakukan komparasi dengan penyedia lainnya memiliki keunggulan Hotel di Mekah Bintang 5 dan Madinah juga Bintang 5 dengan menggunakan Maktab Haji VIP ketika di Arafah, Mina (Maktab 111 – 116) sangat dekat dengan Jamarot.

Semoga Harga Haji Furoda 2021 yang akan kami rilis dimusimnya nanti dapat menjadikan pilihan bagi para calon jamaah, In Syaa Allah kami siap melayani para tamu-tamu Allah dengan komitmen dan pengalaman terbaik yang kami miliki.

| Baca juga: Jaminan uang kembali 100% Haji Furoda 

Mengingat jumlah kuota undangan visa Haji Furoda sangat terbatas setiap tahunnya, dan semakin berkurang dengan kemungkinan besar prioritas diberikan kepada jamaah haji 2020 yang tertunda karena wabah Covid-19, jika saat ini bapak ibu yang telah sangat merindukan untuk ibadah Haji dan telah siap dengan dana, adalah keputusan yang bijaksana jika segera melakukan pendaftaran untuk mendapatkan booking seat. Semoga Allah SWT meringankan langkah bapak ibu semua calon tamu Allah, Aamiin Allahuma Aamin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *